AKSI NYATA Topik 1 Merdeka Belajar

Salam Dan Bahagia

Ibu dan Bapak Guru Hebat !

Apa itu Merdeka Belajar?

Merdeka belajar adalah suatu pendekatan yang di lakukan supaya siswa bisa memilih pelajaran yang di minati, hal ini di lakukan agar para siswa bisa mengoptimalkan bakatnya serta dapat memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarya bagi bangsanya.

Tujuan Topik 

1. Pemahaman gagasan dan prinsip pendidikan berdasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara

2. Pemahaman untuk memfasilitasi murid agar tumbuh sesuai dengan kodratnya

3. Penerapan pembelajaran yang memerdekakan murid

* Modul 1 "Mengenal dan memahami diri sebagai pendidik"

Sebagai pendidik tentu sudah seharusnya mampu mengenali karakteristik dan kebutuhan peserta didik, tentunya penting untuk kita mengenal diri berdaya untuk menentukan tujuan dan kurikulum belajarnya yang relevan dan kontekstual terhadap diri dan lingkunganya.

Peran kita sebagai guru ingin membekali murid pengetahuan, ketrampilan dan sikap untuk terus belajar.

Menurut Ki Hajar Dewantara "Manusia merdeka adalah manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin tidak tergantung pada orang lain".

*Modul 2 "Mendidik dan mengajar"

Dasar-dasar pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara 

"Pendidikan itu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak" agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagaian yang setinggi tingginya. sebagai manusia maupun anggota masyarakat".

Salah satu langkah awal kita sebagai pendidik adalah bagaimana memaknai dan menghayati pribadi kita sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar.

Murid-murid kita kini memiliki cara belajar yang sungguh berbeda dengan kita dahulu, mereka sangat fasih dengan teknologi mereka bisa dengan cepat mencari dan mengkonfirmasi pengetahuan dengan teknologi dalam genggaman mereka bisa menjangkau pengetahuan sekalipun tanpa kita berikan.

*Modul 3 "Mendampingi murid dengan utuh dan Menyeluruh"

Apa yang perlu kita selaraskan agar bisa menjadi pendidik yang relevan dengan konteks zaman?

Murid-murid kita memang sudah jauh berbeda dengan kita, namun mereka tetap butuh kehadiran sosok pendidik.

Ki Hajar Dewantara menyampaikan "Pendidik itu menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak".

mari kita terus belajar demi meraih tujuan pendidikan menjadi manusia merdeka yang kelak akan menuntun murid-murid kita menjadi manusia merdeka pula.

*Modul 4 "Mendidik dan melatih kecerdasan budi pekerti'

"Budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang". menurut Ki Hajar Dewantara

Watak atau budi pekerti merupakan kodrat semua manusia, sehingga kita sebagai pendidik perlu memahami dan dapat mendampingi tumbuhnya kecakapan budi pekerti murid dalam kegiatan pembelajaran yang di alaminya.

*Modul 5 " Pendidikan yang mengantarkan keselamatan dan kebahagiaan"

Peranan seorang pendidik sangat besar, hal apapun yang kita lakukan di kelas dari segi memfasilitasi proses belajar. setiap hal kecil yang kita sampaikan di kelas akan berkontribusi pada kecakapan hidup anak saat dewasa. 

Semua yang kita rancang untuk murid murid bertujuan sebab saat mengajar di dalam kelas, ibu dan bapak guru sebenarnya sedang membentuk budaya masa depan lewat murid murid kita.

Terimakasih














Bapak/Ibu Guru, saya melakukan *Aksi Nyata* sebagai implementasi pemahaman saya terhadap salah satu topik Pelatihan Mandiri di platform Merdeka Mengajar

Mohon bantuan Bapak/Ibu Guru untuk memberikan tanggapan di tautan berikut. Terima kasih.  

https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/aksi-nyata/1205990?topik_name=Merdeka%20Belajar&topik_id=1


3 komentar:

  1. Bapak/Ibu Guru, saya melakukan *Aksi Nyata* sebagai implementasi pemahaman saya terhadap salah satu topik Pelatihan Mandiri di platform Merdeka Mengajar

    Mohon bantuan Bapak/Ibu Guru untuk memberikan tanggapan di tautan berikut. Terima kasih. https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/aksi-nyata/1205990?topik_name=Merdeka%20Belajar&topik_id=1

    BalasHapus
  2. Mantap, Pak. Siap belajar sama pak fajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sahabatku pak untung salam dan bahagia bapak guru hebat.

      Hapus