TIPS MENJADI GURU KREATIF DAN INSPIRATIF

 

Guru kreatif dan inspiratif kehadiran kedatanganya, Selalu menjadi kerinduan siswa belajar di sekolah.

Menjadi guru yang kreatif merupakan impian dari semua guru. Untuk menjadi guru yang kreatif tidaklah mudah, tidak semua guru memiliki kemauan dan kemampuan untuk berpikir kreatif dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik atau mengajar. Banyak orang yang mampu berpikir kreatif tapi tidak semua orang mau mengeluarkan atau mengekspresikan kreatifitas mereka. Padahal kreatifitas itu sangatlah mahal, punya nilai jual yang tinggi jika anda pandai mengembangkan kreatifitas anda.

Seorang guru yang kreatif, memiliki citra yang baik dan sangat disukai oleh pesertadidik, sehingga kehadirannya di sekolah sangat dinantikan akan kehadirannya di dalam kelas, ketika ia tidak masuk mengajar karena halangan, maka para siswa selalu merasa kehilangan.

Guru kreatif dan inspiratif kehadiran dan kedatanganya di sekolah selalu menjadi kerinduan siswa belajar di sekolah. Implikasinya seorang guru harus memahami konsep kreativitas dan belajar bersikap kreatif agar dapat menghadirkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi peserta didiknya.

Ciri dan Karakter Guru yang Kreatif dan Inspiratif

1.   Mampu menciptakan ide ide baru

Kreatif identik dengan sebuah penemuan ide baru, jadi guru kreatif adalah guru yang bisa menemukan sebuah ide baru yang bermanfaat. Ide bisa muncul dengan sendirinya atau pun melalui perencanaan. Namun para guru perlu mengetahui untuk bisa menciptakan ide, para guru harus banyak belajar. Kalau hanya statis yang penting ngajar, saya rasa akan sulit buat guru untuk bisa menciptakan ide-ide yang segar. memiliki cara-cara terbaru yang bersifat inovasi dalam mengembangkan model pembelajaran.

2.   Selalu Menyenangkan

Guru kreatif adalah guru yang menyenangkan dan memiliki selera humor yang baik. Biasanya juga mereka menggunakan humornya secara proposi tidak berlebihan dan tidak kurang. Pembelajaran yang terlalu tegang juga tidak akan menyenangkan, tapi terlalu banyak humornya juga tidak akan efektif.

3.   Cekatan dan Rendah Hati

Guru kreatif bekerja dengan cekatan agar dapat menangani berbagai masalah dengan cepat dan baik. Ia tidak suka menunda-nunda suatu pekerjaan. Setiap masalah yang di hadapi akan di selesaikan secepatnya dengan baik. Guru cekatan biasanya juga ringan tangan, ia akan membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongan.

4.   Mudah beradaptasi dan Mudah Bergaul

Guru yang kreatif adalah guru yang mudah bergaul dengan para siswa. hal ini harus ditunjukkan dengan sikap profesional guru saat berada di kelas dan pada saat di rumah atau di luar kelas. Guru tidak boleh terlalu jaga gengsi, karena hal ini akan membuat siswa enggan mendekati kita. Bersikaplah biasa-biasa saja, tidak terlalu jaga gengsi dan tidak terlalu bebas. Sebisa mungkin tempatkanlah siswa di hati kita sebagai teman dan sahabat dengan begitu, siswa akan merasa bahwa kita itu lebih bersahabat memiliki kemampuan variatif dalam menyajikan materi pelajaran

5.   Memiliki jiwa optimis dalam melaksanakan tugas

6.   Memiliki kemampuan memecahkan masalah dalam hubungan komunikasi sosial 

7.   Memiliki kemampuan melakukan eksperimen-eksperimen dalam menjalankan tugasnya

8.   Memiliki mindset baik dan selalu berpikir positif

9.   Memiliki karakter taat beribadah

10. Memiliki pribadi yang bisa dijadikan panutan bagi siswa dan rekan sesama guru

11. OUT OF THE BOX

Guru yang kreatif akan kelihatan tampil beda, di bandingkan dengan guru-guru yang lain. Mereka cenderung punya ciri khas tersendiri karena memang merek penuh dengan sesuatu yang baru, yang terkadang tidak pernah di pikirkan oleh guru-guru yang lain. Biasanya juga mereka lebih di sukai para siswa.

Ya! itulah 11 ciri guru kreatif yang harus dimiliki guru professional semoga menginspirasi. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi anda para guru dalam menjalankan tugas professionalnya.

#kurikulummerdeka #merdekamengajar #platformmerdekamengajar

 


Tidak ada komentar