KKG PJOK KABUPATEN GRESIK BERKOLABORASI BERGERAK DAN BERDAMPAK

Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah wadah kerja sama guru-guru dalam satu gugus, dalam upaya meningkatkan kemampuan profesional mereka. Fungsi utamanya adalah menampung dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam KBM melalui pertemuan diskusi, pengajaran contoh, demonstrasi penggunaan dan pembuatan alat peraga.

Dan sebuah inovasi gebrakan baru di tahun 2022 di kab. Gresik Terbentuk KKG PJOK SD (Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan). Hal ini dapat menjadikan tali silaturahmi, guyub dan rukun serta saling sharing kompetensi dari guru guru PJOK Sekolah dasar di kab. Gresik untuk saling berkolaborasi, bergerak aktif dan berdampak.

(foto KKG PJOK Kb. Gresik bersama Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kab. Gresik Bapak Haryanto saat kegiatan festival Football For School)

Saat ini anggota KKG PJOK Kab. Gresik terdiri dari 18 Komunitas/Perkumpulan Guru Olahraga (PGO) di tiap kecamatan yang meliputi 18 kecamatan di kabupaten Gresik:

  1. Kecamatan Balongpanggang
  2. Kecamatan Benjeng
  3. Kecamatan Bungah
  4. Kecamatan Cerme
  5. Kecamatan Driyorejo
  6. Kecamatan Duduk Sampeyan
  7. Kecamatan Dukun
  8. Kecamatan Gresik
  9. Kecamatan Kebomas
  10. Kecamatan Kedamean
  11. Kecamatan Manyar
  12. Kecamatan Menganti
  13. Kecamatan Panceng
  14. Kecamatan Sangkapura
  15. Kecamatan Sidayu
  16. Kecamatan Tambak
  17. Kecamatan Ujung Pangkah
  18. Kecamatan Wringinanom

KKG tersebut berorientasi kepada peningkatan kualitas pengetahuan, penguasaan materi, teknik mengajar dan lain-lain yang berfokus pada penciptaan KBM yang efektif. Untuk menunjang kelancaran pelaksanaannya, KKG juga memiliki organisasi kepengurusan, yang terdiri dari Ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota. Dibina oleh seorang pengawas serta dibantu oleh beberapa orang guru yang dipandang mempunyai keahlian dalam bidang ilmu tertentu sebagai pemandu bidang studi atau mata pelajaran.

Adapun kegiatan yang dilakukan pada pertemuan KKG tersebut adalah

  1. Memperdalam pengetahuan dan penguasaan didaktik metodik.
  2. Mengupayakan pemecahan berbagai masalah yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.
  3. Membuat dan mengujip enggunaan alat peraga.
  4. Berlatih menyusun berbagai administrasi pengajaran.
  5. Berlatih menerapkan metode mengajar tertentu.
  6. Bertukar informasi mengenai berbagai masalah dan gagasan-gagasan baru khususnya yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.
  7. Menginventarisir berbagai bentuk budaya daerah dan ragam pola kehidupan sosial yang akan diangkat menjadi materi pengajaran muatan lokal.
Saat ini Program kegiatan yang sudag berjalan di KKG Kab. Gresik adalah:
1. Setiap sebulan sekali mengadakan kegiatan rutin pertemuan yang di laksanakan di lembaga kecamatan yang sudah di tetapkan (1 kecamatan mengirimkan 4 perwakilan) dengan materi seperti sharing perangkat pembelajara, sharing kompetensi pengetahuan serta pengenalan olahraga dengan olahraga bersama.



2. Di bulan September 2022 Mengadakan perlombaan antar kecamatan seperti Bola voli mix dan Futsal
3. Di bulan  November 2022 Mengadakan Workshop dan Pelatihan Sepak bola di usia dini dengan mendatangkan pelatih Nasional Bapak. Hanafing
4. Di bulan Maret 2023 telah mengadakan Kegiatan Footbal For School.

Semoga terbentuknya KKG PJOK Kabupaten Gresik ini memberikan manfaat serta tali silaturahmi antar guru dalam hal positif untuk di aplikasikan ke lembaga sekolah masing masing.


Salam Olahraga KKG PJOK Kab. Gresik ! Jaya !!

Tidak ada komentar